costum gadget

Friday, March 20, 2015

BackTrack dan Kali Linux

BackTrack dan Kali Linux

Backtrack telah dikenal lama sebagai sistem operasi yang digunakan oleh hacker dan para keamanan jaringan. Adalah versi 5 R3 yang diperkenalkan saat acara BlackHat dan Defcon 2012 yang tidak disangka-sangka merupakan versi terakhir dari sistem operasi yang paling terkenal untuk kalangan hacker ini.
Backtrack
Distro BackTrack memiliki sejarah yang cukup panjang. Sebelum BackTrack ada, para pekerja di dunia keamanan komputer ini harus mengumpulkan dan menhelola software-software yang sering digunakan. Instalasi software memanglah perkara mudah tapi sangat merepotkan, apalagi banyak software yang perlu mendapatkan perlakuan khusus seperti fitur injeksi paket, library tertentu dan lain sebagainya. Masalah seperti ini untuk membuat dan menjaga suatu sistem agar bekerja penuh dan tools yang digunakan tetap sehat dan siap digunakan kapanpun tentu membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit Adalah WHOPPIX sebuah distro linux khusus untuk kalangan security profesional yang dibuat berdasarkan KNOPPIX, merupakan distro Live CD yang berarti bisa dijalankan langsung dari CD tanpa harus kita menginstallnya keharddisk.
Ketika WHOPPIX mencapai versi versi 3.0 nya maka dinamakan sebagai WHAX. Pergantian nama ini dilakukan lantaran sistem operasii dasar yang digunakan bukan lagi KNOPPIX melainkan SLAX yang dianggap lebih modular dan mudah diutak-atik. WHAX merupakan singkatan dari White Hat and SLAX adalah hasil kerja dari seorang konsultan security asal israel bernama Mati Aharoni yang benar-benar butuh distro spesial semacam ini untuk pekerjaan sehari-harinya. Disaat bersamaan, WHAX bukanlah satu-satunya distro spesial pake telor saus-nya banyak yang digunakan oleh security profesional. Adalah Auditor Security Collection merupakan distro dengan tujuan yang sama persis dengan WHAX dengan kumpulan softwarenya yang begitu banyak. Sama dengan WHAX, Auditor yang dibuat berdasarkan distro KONPPIX ini juga bisa dijalankan secara langsung dari CD. Dan memiliki tools atau software yang bahkan jumlahnya lebih banyak daripaada WHAX.
Merupakan sama-sama Live CD, sama-sama mengumpulkan tools hacking yang siap digunakan, sama-sama ingin memudahkan pekerjaan sebagai pakar keamanan, sama-sama mempunyai tujuan yang sama. Dan seperti yang sudah diperkirakan, pada akhirnya kedua distro ini memutuskan untuk kawin, bergabung menjadi satu.
Setelah team pengembang berhasil menggabungkan kedua distro ini menjadi satu maka pada tanggal 26 Mei 2006, BackTrack versi 1.0 dilepas ke-publik. Dan versi terakhir dari sistem operasi BackTrack adalah versi BackTrack 5 R3 yang dikeluarkan pada tanggal 13 Agustus 2013. Sistem operasi ini dibuat berdasarkan sistem operasi Ubuntu 10.04 LTS, Linux kernel 3.2.6.
February 5, 2006BackTrack v.1.0 Beta
May 26, 2006First release of Backtrack v.1.0
March 6, 2007BackTrack 2 final released.
June 19, 2008BackTrack 3 final released.
January 9, 2010BackTrack 4 final release. (Linux kernel 2.6.30.9)
May 8, 2010BackTrack 4 R1 release
November 22, 2010BackTrack 4 R2 release
May 10, 2011BackTrack 5 release (Linux kernel 2.6.38)
August 18, 2011BackTrack 5 R1 release (Linux kernel 2.6.39.4)
March 1, 2012BackTrack 5 R2 release (Linux kernel 3.2.6)
August 13, 2012BackTrack 5 R3 release

Kali Linux
Apa itu Kali linux??? Secara kasar bisa dikatakan bahwa Kali Linux adalah Backtrack versi 6. Lalu kenapa nama Backtrack harus diganti??? Tidak secara jelas dijelaskan oleh Offensive Security tapi kalau kita buat cerita perubahan nama terjadi karena adanya perubahan sangat mendasar dari sistem operasi yang digunakan. Jika dulunya Backtrack dibuat berdasarkan sistem operasi ubuntu, kini Kali linux menggunakan sistem operasi Debian sebagai sistem operasi dasarnya. Kali linux versi pertama yang release tanggal 13 Maret 2013 terus mendapatkan penyempurnaan karena mengganti sistem operasi dasar sama saja dengan membangun dari awal semua yang telah dikerjakan (dan jangan heran kalau dalam beberapa hal Backtrack 5 R3 masih lebih baik dibanding Kali linux). Namun Kali linux telah melakukan beberapa kali penyempurnaan dalam waktu yang begitu singkat. Dan saat ini ditulis Kali linux sudah mencapai versi Kali linux 1.0.7 yang released tanggal 27 Mei 2014.

kali-home-large-slider2

Seiring dengan perubahan nama yang dilakukan, kali linux juga menggunakan domain baru sebagai tempat tinggalnya yaitu di http://www.kali.org. Melalui web baru ini, Anda bisa mendownload Kali linux versi terakhir secara gratis namun karena ukurannya yang cukup besar untuk sebagaian orang (sekitar 2-3 GB).

Perbedaan Bactrack dengan Kali Linux

Berbeda dengan Bactrack yang base-nya menggunakan Ubuntu 10.04 (Lucid Lynx), untuk Kali Linux sendiri base-nya menggunakan Debian Wheezy.  Maka repository-nya telah sinkron dengan repository Debian. Jika Debian mengupdate package-nya, jadi otomatis Kali Linux juga mengupdate package-nya. Jika temen-temen menginstall beberapa aplikasi melalui repository Debian juga bisa koq. Misalkan ingin mengupdate versi Iceweasel yang ada di Kali Linux, caranya sama dengan Debian, repository yang digunakan pun sama dengan Debian Wheezy. Jadi patokannya Debian Wheezy aja guys. Kali Linux akan sinkron dengan Debian 4 kali sehari.
Tapi jangan khawatir, dibalik perbedaan itu Kali Linux sudah mengadopsi semua tools yang ada di Bactrack koq.






0 comments:

Post a Comment